recent posts

banner image

Pengertian Elektrolit Dan Non Elektrolit Beserta Contohnya dan Cara Larutanya

Pengertian Elektrolit Dan Non Elektrolit Beserta Contohnya 

Pengertian Elektrolit Dan Non Elektrolit Beserta Contohnya dan cara larutanya

Definisi Elektrolit

Elektrolit adalah zat terutai atau larut di dalam bentuk ion-ion dan selanjutnya larutan menjadi konduktor elektrik, ion-ion merupakan atom bermuatan elektrik. Zat elektrolit bisa  berupa asam, basa, air atau juga dapat berupa senyawa kimia lainnya. Elektrolit biasanya berbentuk asam, garam atau basa.

Pengertian Larutan Elektrolit

Larutan adalah suatu antar zat penyusunan yang tidak mempunyai bidang batas serta bersifat homogen di semua bagian campuran. Komponen larutan merupakan pelarut dan zar terlarut. Elektrolit yaitu zat yang saat dilarutkan didalam air akan mendapatkan larutan yang dapat menghasilkan arus listrik.

Pengertian Non elektrolit

Nonelektrolit adalah yang tidak dapat menghantarkan arus listrik saat dilarutkan didalam air. Semakin banyak jumlah ion, maka akan semakin kuat daya hantarnya. Dan sedangkan larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik disebabkan oleh zat-zat itu tetap berwujud dalam molekul netral yang tidak bisa bermuatan.

contoh-larutan-elektrolit-dan-definisinya

Berdasarkan daya hantarnya larutan elektrolit terbagi menjadi dua, ialah elektrolit yang kuat dengan daya hantar yang besar. Contoh dalam larutan asam kuat, basa kuat serta garam. yang kedua elektrolit lemah, yaitu sebuah larutan dengan daya hantar yang lemah.

Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

Senyawa yang didalam larutannya dapat menghantar arus listrik berupa senyawa ion serta senyawa kovalen polar, sebab senyawa-senyawa itu sendiri dapat terionisasi waktu dilarutkan didalam air.
Senyawa ion

Senyawa ion memilki susunan dari berberapa ion yang mempunya bentuk padat serta kering. Ion-ion penyusun senyawa ion dalam pelarutnya akan bergerak bebas sehingga larutan ion dapat menghantarkan arus listrik. Senyawa ion yang bernntuk kristal, ion-ion-nya tidak dapat bergerak bebas sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Sebagai contoh NaCl, KCl, NaOH dan KOH.

Senyawa Kovalen Polar

Senyawa kovalen polar jika dilarutkan didalam air, maka akan terurai berubah menjadi ion-ion. Hal ini dikarenakan oleh ikatan kovalen pada senyawa itu sendiri mudah putus didalam pelarut ait serta menghasilkan ion-ion. Sabagai contoh asam klorida (HCl), Amonia (NH3).

Cara Larutan Elektrolit Menghantarkan Arus listrik
Larutan elektrolit ada pada ion-ion yang mempunyai perbedaan muatan serta bergerak bebas. Jika arus listrik dihubungkan, kation bergerak menuju kotade serta anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir dalam sebuah sistem.
Contoh non elektrolit

Dibawah ini merupakan larutan non elektrolit yaitu:
1. Larutan sukrosa
2. Larutan alkohol
3. Larutan glukosa
4. Larutan urea

Artikel lainya
Pengertian Elektrolit Dan Non Elektrolit Beserta Contohnya dan Cara Larutanya Pengertian Elektrolit Dan Non Elektrolit Beserta Contohnya dan Cara Larutanya Reviewed by Nur putrazaini on 05.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.