recent posts

banner image

Pengertian Pencemaran Lingkungan, dampak, Macam, dan Usahanya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Brosur ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Brosur, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang  Pengertian Brosur, Fungsi, Ciri, dan Contohnya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan, dampak, Macam, dan Usahanya



A. Pengertian Pencemaran

Pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, zat energi atau komponen lain kedalam lingkungan atau berubahnya suatu tatanan lingkungan karena kegiatan manusia atau suatu proses alam sehingga kualitas lingkunganya menjadi turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak bisa berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya yang tertulis dalam UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982.

Pencemaran juga bisa akibat kegiatan dari manusia ataupun juga dari alam, sebagai contoh yaitu gunung meletus dan gas beracun. pengetahuan tentang lingkungan sendiri biasanya membahas pencemaran yang diakibatkan oleh rutinitas manusia yang bisa dicegah dan bisa dikendalikan. Karena kebiasaan manusia tersebut pencemaran lingkungan pasti akan terjadi, dan pencemaran tersebut tidak dapat dihindari.

B. Macam-Macam Pencemaran Lingkungan

a. Pencemaran udara
b. Pencemaran air
c. Pencemaran tanah

C. Pengukuran atau Parameter Pencemaran Lingkungan

Untuk mengukur tingkat pencemaran tersebut, disuatu tempat menggunakan parameter pencemaran. Parameter pencemaran tersebut digunakan sebagai indikator atau petunjuk terjadinnya pencemaran dan tingkat pencemaran yang telah terjadi. Parameter pencemaran sendiri menyangkut :
a. Parameter fisik, meliputi pengukuran tentang warna, bau, rasa, kekeruhan, suhu dan radioaktivitas.
b. Parameter kimia, dilakukan untuk mengetahui kadar CO2, pH kadar logam dan logam berat serta keasamannya.
c. Parameter biologi, dialam terdapat hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang peka dan adapula yang kuat terhadap kondisi lingkungan tertentu. 

Organisme yang peka akan mati karena terjadinya pencemaran dan organisme yang tahan akan tetap hidup sebagai contohnya seput air dan planaria yang merupakan hewan yaang peka pencemaran, disungai yang terdapat siput air dan planaria berarti sungai tersebut belum mengalami pencemaran tapi sebaliknya cacing tubivex atau cacing merah merupakan hewan yang kuat hidup dan bahkan berkembang baik dilingkungan yang banyak bahan organik walaupun specis hewan yang lainnya telah mati. Beraarti keberadaan cacing-cacing tersebut merupakan indikator adanya pencemaran.

D. Dampak Pencemaran Lingkungan:

a. Punahnya beberapa species
Sebagai mana yang telah dijeleskan pencemaran sangatlah berbahaya bagi biota air maupun darat. Berbagai jenis hewan mengalami keracunan bahkan mengalami kepunahan.

b. Ledakan Hama
Dengan adanya pemekaian insektisida dapat pula mematikan predator. Karena predator punah maka serangga hama akan berkembang tak terkendali, dan bisa mengekibatkan pencemaran yang sangat tinggi.

c. Gangguan keseimbangan lingkungan
Dengan punahnya beberapa species tertentu bisa mengubah pola interaksi didalam suatu ekosistem, rantai makanan, jaring-jaring makanan serta aliran energi menjadi berubah. Dan mengakibatnya, keseimbangan lingkungan akan terganggu.

d. Kesuburan tanah berkurang
Pemakaian insektisida mematikan fauna tanah. Hal inilah yang dapat menurunkan kesuburan tanah. Dengan adanya penggunaan pupuk dengan terus menerus dapat mengakibatkan tanah menjadi asam.

e. Keracunan dan penyakit
Orang yang mengkonsumsi sayur, ikan serta bahan makanan yang tercemar dapat mengalami keracunan bahkan ada yang meninggal. dan penyakit yang disebabkan berupa kerusakan hati, ginjal, kanker, kerukasan susunan syaraf bahkan menyebabkan cacat pada keturunan-ketirinannya.

f. Pemekatan hayati
Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makhluk dikenal dengan pemekatan hayati atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan biomagnificition.

g. Terbentuknya lobang ozon dan efek rumah kaca
Terbentuknya lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca adalah permasalahan global yang telah dirasakn oleh semua umat manusia. Hal ini disebabkan karena bahan pencemar bisa tersebar  luas dan menimbulkan dampak ditempat lain.

E. Usaha Dalam Mencegah Pencemaran Lingkungan 

a. Pembuangan limbah industri harus diatur sehingga tidak mencemari lingkungan.
b. Menempatkan daerah industri ataupun pabrik jauh dari daerah pemukiman penduduk.
c. Pengawasan terhadap penggunaan pestisida dan zat kimia lain yang bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.
d.  Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
e.  Memperluas penghijauan.
f.  Memberoikan kesadaran pada masyarakat akan arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai  Pengertian Brosur, Fungsi, Ciri, dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih
Pengertian Pencemaran Lingkungan, dampak, Macam, dan Usahanya Pengertian Pencemaran Lingkungan, dampak, Macam, dan Usahanya Reviewed by Nur putrazaini on 22.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.