recent posts

banner image

Pengertian stratifikasi sosial, terbentuknya, Dan Sistem-sistem stratifikasi, menurut para ahli

Pengertian stratifikasi sosial, terbentuknya, Dan Sistem-sistem stratifikasi
1) pengertian stratifikasi sosial
           Stratifikasi sosial adalah gejal sosial  yang bersifat umum pada masyarakat. Setratifikasi sosial yang berasal dari bahasa latin yang artinya statum. arti kata ini adalah lapisan atau pelapisan.  stratifikasi sosial berarti Lapisan yang terdapat di masyarakat. pada zaman yunani kuno Aristoteles (384-322 SM) telah menyatakan bahwa dalam setiap negara selalu terdapat tiga unsur yaitu
a. yang kaya sekali
b. yang berada ditengah-tengah
c. yang melarat
2) ukuran sebagai dasar pembentukan stratifikasi sosial.
a) ukuran kekayaan
adalah kepemilikan harta benda  seseorang dilihat dari jumlah dan materil.
b) ukuran kekayaan dan wewenang
adalah kepemilikan kekuatan atau power seseorang dalam mengatur dan menguasai sumber produksi atau pemerintahan.
c) ukuran kehormatan
bisa diukur dari gelar kebangsawanan atau dapat pula diukur dari sisi kekayaan materil.
d) ukuran ilmu pengetahuan
artinya ukuran kepemilikan sesorang atau pengetahuan seseorang dalam hal ilmu pengetahuan.
 pengertian stratifikasi sosial menurut ahli, antara lain sebagai berikut:
a) Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Robert M. Z. Lawang: Stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege, dan prestise.
b) Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Horton dan Hunt: Stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.
c) Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Soerjono Soekanto: Stratifikasi sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.
d) Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Bruce J. Cohen: Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.
e) Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Astrid S. Susanto: Staratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertikal maupun horisontal dalam masyarakatnya.
3) sifat umum seseorang dalam stratifikasi sosial adalah
1. dari berbagai bentuk kekayaan  yang diketahui masyarakat dapat diukur dari kuantitas atau                 dinyatakan secara kualitatif.
2. daya guna fungsional perorangan dalam hal pekerjaan.
3. keturunan yang menunjukan reputasi keluarga.
4. agama yang menunjukan tingkat keshalehan seseorang yang menjalankan ajaran agamanya.
5. umur dan jenis kelamin termasuk ciri-cir biologis.
a. Stratifikasi Sosial yang Terjadi dengan Sendirinya dalam Proses Pertumbuhan Masyarakat
Landasan terbentuknya stratifikasi yang terjadi dengan sendirinya, antara lain:
1) keahlian;
2) tingkat kedewasaan adalah (yang senior);
3) sifat keaslian adalah keanggotaan kerabat seorang kepala masyarakat;
4) harta adalah batas-batas tertentu.
          Dasar dari terbentuknya stratifikasi sosial pada masyarakat berburu tentu akan berbeda dengan stratifikasi sosial pada masyarakat bercocok tanam. . Landasan terbentuknya stratifikasi sosial pada masyarakat adalah sebagai berikut.
Pada masyarakat berburu, yang menjadi landasan stratifikasi adalah keahlian dalam bidang berburu. Jadi, seseorang yang mempunyai keahlian berburu di atas orang lain dipandang berada pada stratifikasi sosial tinggi.
Pada masyarakat menetap dan bercocok tanam yang menjadi landasan stratifikasi adalah kegiatan awal membuka tanah di daerah tersebut. Pembuka tanah dan kerabatnya dianggap memiliki stratifikasi sosial yang tinggi.
b. Stratifikasi Sosial yang Sengaja Disusun untuk Mengejar Suatu Tujuan Bersama
         Stratifikasi sosial yang sengaja disusun untuk mencapai tujuan tertentu biasanya berkaitan dengan pembagian kekuasaan dan wewenang resmi dalam organisasi formal. Misalnya, pemerintahan, badan usaha, partai politik, dan angkatan bersenjata.
           Sekian penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Stratifikasi Sosial, Jenis-Jenis Dan Fungsi Stratifikasi, semoga dengan artikal ini anda lebih luaas mengetahui tentang stratifikasi sosial.
Pengertian stratifikasi sosial, terbentuknya, Dan Sistem-sistem stratifikasi, menurut para ahli Pengertian stratifikasi sosial, terbentuknya, Dan Sistem-sistem stratifikasi, menurut para ahli Reviewed by Nur putrazaini on 06.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.