recent posts

banner image

Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Contohnya

Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Contohnya
Pengertian Norma
           Related image  Norma                adalah peraturan/perintah yang mengatur manusia dan dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan manusia. 
Norma sendiri terbagi menjadi 4 (empat) yaitu
  1. Norma agama
  2. Norma kesusilaan
  3. Norma Hukum
  4. Norma Kesopanan.

             Disetiap daerah norma-norma berbeda-beda, dan disetiap daerahnya memiliki norma-norma tersendiri sehingga kita harus mematuhi apa yang berlaku disana, Maka dari itu ada baiknya jika kita mengetahui peraturan yang ada pada norma-norma Berikut.
Macam-Macam Norma dan Contohnya:
1. Norma Agama
             Related image
                Norma agama adalah sekumpulan kaidah atau tuntunan hidup yang sumbernya dari wahyu ilahi. adapun norma agama ialah aturan hidup yang harus ditaati oleh seluruh manusia. karna perintah, larangan dan serta ajaran-ajaran itu yang diperintahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Ada beberapa contoh dari Norma agama:
a.       Melaksanakan ketentuan agama, Misalnya : membantu sesama manusia, Saling menghormati, beribadah  Tidak semena-mena terhadap orang yang membutuhkan bantuan.
b.      Menjauhi larangan agama, Misalnya: berjudi, minum-minuman keras, mengambil barang yang bukan miliknya, berbuat jahat, membunuh, melakukan perbuatan zina, melakukan semene-mena kepada orang yang lebih membutuhkan(riba), berbohong, dan lain-lain.

2. Norma Kesusilaan
           Related image                           Norma kesusilaan ialah aturan hidup yang dianggap sebagai kretekan dari hati sanubari manusia (insan kamil).Setiap manusia itu mempunyai hati nurani yang tidak menyamakan dengan makhluk Tuhan lainnya
Beberapa contoh Norma kesusilaan:
     a.       Dilarang membunuh dengan sesama manusia.
     b.      Berkata jujur dan benar.
     c.       Menghormati dan menghargai sesama manusia.
     d.      Tidak boleh berbuat jahat terhadap sesama.
     e.      Tidak membeda-bedakan terhadap sesama.
3. Norma Kesopanan/adat
            Related image Norma                  kesopanan ialah aturan hidup yang berasal dari tata pergaulan dalam bermasyarakat tentang etika, sopan santun, dan tata krama dalam bermasyarakat. Norma kesopanan sering disebut juga norma adat. Dasar kaidah ini ialah kepatuhan, kepantasan dan rutinitas yang berlaku dalam masyarakat.
ada beberapa contoh Norma Kesopanan/adat:
a.       Tidak meludah di sembarang tempat.
b.      Berkata yang sopan dan tidak menyakitkan kepada siapa pun.
c.       Sebelum masuk rumah ucaplah salam.
d.      Berbicara lebih sopan dengan orang yang lebih tua.
e.      Mempersilahkan/memberikan tempat duduk pada orang yang lebih membutuhkan (Orang Tua, Sedang Sakit, orang hamil, orang yang sedang menggendong anak dll) di dalam Bus, angkot, atau kereta api.
4. Norma Hukum
           Image result for gambar norma kesusilaan                           Norma Hukum adalah peraturan yang berasal dari pemerintah atau suatu negara. Norma hukum ini dibuat oleh pejabat pemerintah yang berkuasa dengan tertulis dan dalam sistematika tertentu.
Berikut contoh Norma Hukum:
a.       barang siapa melakukan pembunuhan akan dihukum pidana minimal 15 tahun penjara.
b.      pengendara bermotor ataupun mobil wajib mempunyai surat izin mengemudi atau lebih dikenalnya (SIM). dan membawa surat tanda nomor kendaraan atau lebih jalasnya (STNK).
c.       siapa pun itu yang mengambil yang bukan hak miliknya akan dikenakan sangsi pidana
d.      tidak boleh menipu dalam jual beli (mengingkari janji)







Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Contohnya Pengertian Norma, Macam-Macam Norma dan Contohnya Reviewed by Nur putrazaini on 06.47 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.