recent posts

banner image

Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya.

Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya 


Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya

Bakteri bisa hidup dimana saja atau diberbagai habitat bahkan hidup dalam tubuh organisme lainnya seperti dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan, air laut, air tawar, sampah, sisa organisme yang sudah mati, bahan-bahan makanan dan tanah.

Secara umum bakteri akan tumbuh subur dilingkungan yang cenderung basah dan lembap dengan suhu sekitar 25-37 Drajat Celcius. Beberapa jenis bakteri bisa hidup dilingkungan yang ekstrim seperti terlalu asam, panas, basa, dingin, asin, manis, dengan oksigen ataupun tanpa oksigen.

Bakteri Autrotof

Autrotof terdiri dari dua kata yaitu auto yang berarti sendiri dan trophein yang berarti makanan. Bakteri autrotof adalah bakteri yang bisa membuat makanan sendiri serta senyawa organik. Untuk membuat makanannya bakteri membutuhkan energi. Berdasarkan asal sumber energinya, bakteri dibedakan menjadi bakteri Fotoautrotof dan Kemoautrotof.

a. Bakteri Fotoautrotof
Bakteri Fotoautrotof (Foton = Cahaya, auto = Sendiri, Trophein = Makanan) adalah bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dengan energi yang berasal dari cahaya matahari atau melakukan Fotosintesis. Bakteri jenis ini mempunyai pigmen-pigmen Fotosintetik diantaranya pigmen hijau yang disebut bakterioklorofil atau bakteriopurpurin. 

COntohnya Chlorobium (berwarna hijau, berfotosintesis bila ada hidrogen sulfida dan menghasilkan belerang).

b. Bakteri Kemoautrotof
Bakteri Kemoautrotof (Chemo = Kimia, auto = sendiri, Trophein = Makanan) adalah bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dengan energi kimia. Energi kimia ini berasal dari reaksi oksidasi senyawa anorganik, Contohnya Nitrit (HNO2), amonia (NH3) belerang (S) dan KeCO3. 

Contoh bakteri ini merupakan Hydrogenomonas dan thiobacills thiooxidans.

Selain bakteri yang sudah disebutkan tadi, ada satu golongan bakteri lagi yang termasuk dalam golongan bakteri Kemoautrotof yakni golongan bakteri denitirifikasi. Bakteri denitrifikasi ialah bakteri yang mereduksi senyawa nitrat menjadi senyawa nitrit dan nitrit di ubah menjadi amonia. 

Nitrit dan Amonia ialah racun bagi tanaman. Proses denitrifikasi bisa terjadi jika sirkulasi udara dalam tanah tidak lancar. Golongan bakteri yang termasuk dalam denitrifikasi diantaranya dari genus Microccus, Beggiatoa, Pseudomonas, dan Bacillus.

Bakteri Heterotof

Heterotof terdiri dari dua kata yaitu hetero yang berarti = yang lain dan Trophein yang berarti makanan. Yaitu bakteri yang mendapatkan makanan berupa senyawa organik serta organisme lainnya. Bakeri jenis Heterotof dapat hidup secara saproba, parasit dan simbiosis mutualisme.

a. Bakteri Saproba atau Pengurai
Bakteri Saproba atau Pengurai adalah bakteri yang mendapatkan makanannya dengan cara menguraikan organisme yang sudah mati atau bahan organik lainnya. Bakteri ini adalah organisme pengurai atau dekomposer bangkai, tumbuhan yang sudah mati, dan sampan. Bakteri jenis ini ada yang menguntungkan bagi manusia dan merugikan bagi manusia. 

Contoh bakteri jenis ini diantaranya Escherichia Coli atau pengurai sisa makanan diusus besar dan Alcaligenes atau saproba yang dalam usus besar Vertebrata dan bisa menyebabkan kekentalan serta menimbulkan benang-benar pada usus.

b. Bakteri Parasit
Bakteri Parasit adalah bakteri yang mendapatkan makanan dari tubuh organisme lain yang ditumpanginya. Bakteri jenis ini umumnya menimbulkan penyakit bagi inangnya atau patogen. Beberapa bakteri patogen bersifat oportunis yakni bakteri itu hidup dalam tubuh inang dan menimbulkan penyakit saat sistem pertahanan tubuh inang melemah karena berbagai faktor. 

Contoh dari bakteri ini diantaranya Bordeldla Pertussis yang menyebabkan batuk rejan, Mycobacterium Lepree yang menyebabkan penyakiy lepra dan lain-lain.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih
Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya Pengertian Bakteri Heterotrof dan Autotrof serta Jenis-Jenisnya Reviewed by Nur putrazaini on 07.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.