recent posts

banner image

pengertian pertumbuhan penduduk dan dampaknya

laju pertumbuhan penduduk dindonesia
Image result for gambar laju pertumbuhan penduduk

pengertian laju pertumbuhan  penduduk
         pertumbuhan  penduduk yaitu berubahnya populasi penduduk sewaktu-waktu, dapat dihitung perubahanya dalam jumlah individu dalam populasi pengukuran menggunakan "per waktu unit". dalam demografi dan ekologi nilai pertumbuhan penduduk (NPP) adalah nilai kecil bagi jumlah individu dalam sebuah populasi maningkat. laju pertumbuhan penduduk dibedakan menjadi dua yaitu:
a. laju pertumbuhan penduduk eksponensial.
      laju pertumbuhan penduduk adalah berubahnya jumlah penduduk disuatu wilayah  disetiap tahunya. laju pertumbuhan penduduk berguna untuk memprediksi jumlah penduduk yang akan datang. laju pertumbuhan penduduk eksponensial juga menggunakan asumsi, bahwa pertumbuhan penduduk disetiap tahunya angka kelahiran dan kematian terus menerus.
b. laju pertumbuhan penduduk geometrik.
     laju pertumbuhan geometrik juga menggunakan asumsi, bahwa laju pertumbuhan penduduk sama setiap tahunya.
akibat pertumbuhan penduduk.
    pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali tentu akan menimbulkan banyak pengaruh dalam nilai kehiddupan. akibat yang ditimbulkan akan menimbulkan masalah diberbagai bidang. jumlah penduduk diindonasia menduduki posisi ke4 didunia dan ke3 diasia.jumlah penduduk tertinggi adalah china yaitu (1,3 meliar ) dan disusul oleh india (1,14 meliar ) dan amerika (303 juta ). indonesia waktu 2008 mencapai (237,5 juta ) jiwa dgn laju pertumbuhan pendudduk berkisaran 1,2 atau 1,3%. penduduk indonesia akan mencapai 337 juta jiwa ditahun 2051 an.
    masalah yang akan dihadapi ketika meningkatnya jumlah  penduduk adalah pangan, energi, dan papan. masalah meningkatnya jumlah penduduk tak hanya pangan, energy, dan papan tetapi juga nilai pengangguran, kemiskinan, angka kriminalis dan lain-lain.
    ada beberapa cara untuk mengataasi meningkatnya jumlah penduduk adalah transmigrasi, program keluarga berencana(KB), meningkatnya standart pendidikan, serta melakukan pengawasan-pengawasan yang oktimal.

Dampak Positif Pertumbuhan penduduk

           Secara umum, pertumbuhan penduduk membawa dampak positif dan negatif bagi manusia. Beberapa dampak positifnya yaitu:

1. Tersedianya tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan yang terus           meningkat.Baca juga.
2. Bertambahnya kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan sehingga berkembang jumlah dan jenis     usaha lokal.
3. Meningkatnya investasi atau penanaman modal karena makin banyak
    kebutuhan manusia.
4. Meningkatnya inovasi karena penduduk dipaksa untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya, agar         produktivitas lahan pertaniannya meningkat, manusia mengembangkan pupuk dan benih unggul         untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang terus meningkat.

Dampak Negatif Pertumbuhan penduduk

             Disamping dampak positif, pertumbuhan penduduk yang tinggi juga berpotensi menimbulkan dampak negatif terutama jika  tidak diimbangi dengankualitas penduduk dan ketersediaan sarana prasarana hidup serta lapangan pekerjaan.  Beberapa dampak tersebut antara lain sebagai berikut.

usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, meliputi.
1) meningkatkan layana kesehatan dan kemudahan untuk mengikuti program keluarga                              berencana.
2) meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan.
3) masyarakat diwajibkan beljar selama 6tahun sampai 12tahun.

pengertian pertumbuhan penduduk dan dampaknya pengertian pertumbuhan penduduk dan dampaknya Reviewed by Nur putrazaini on 05.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.