recent posts

banner image

Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Ram ( Random Access Memory) ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Ram ( Random Access Memory), kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya.

Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya


Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM ( Random Access Memory )

Ram merupakan berasal dari singkatan Random Access Memory, RAM ialah suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan bisa diakses secara acak.
Fungsi RAM ( Random Access Memory )

Fungsi RAM merupakan mempercepat pemeprosesan ata pada PC atau komputer, semakin besar RAM yang memilki makan akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga bisa mempercepat loading data serta program yang diakses.

Bentuk RAM ( Random Access Memory )

Bentuk RAM pada PC secara fisiknya yaitu seperti rangkaian elektronik semacam chip. Untuk memasang RAM ke PC yaitu dengan memasukannya ke slot RAM pada Motherboard, jenis dari slot RAM juga bermacam-macam tergantung jenis RAM-nya.

Jenis-Jenis RAM (Random Access Memory )

Berikut ini Jenis RAM diantaranya sebagai berikut:

a. RAM ( Dynamic RAM )
merupakn suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU “Central Processing Unit” supaya daya yang terkandung didalamnya tidak menghilang.

b. SDRAM
merupakan singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM akan namun telah disinkronisasi oleh Clock sistem dan memilki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.

c. DDR RAM
merupakan kependekan dari “Double Rate Random Access Memory”, DDR RAM sering dikatakan juga dengan DDR saja, jenis memory ini adalah teknologi terusan /kelanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 ( Double Data Rate Generation 2 RAM ) dan juga DDR3 ( Double Data Rate generation 3 RAM ), mungkin semakin kesini akan ada generasi barunya.

d. RDRAM
merupakan kependekan dari “Rambus Dynamic Access Memory” suatu jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini dapat digunakan pada sistem yang memakai Pentium 4 “empat”.

e. SRAM
merupakan disebut juga dengan sebutan “Static Random Access Memory” jenis memori yang tidak membutuhkan penyegaran oleh CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.

f. EDORAM
merupakan berasal dari singkatan “Extended Data Out Random Access Memory” adalah jenis dari memori yang pakai pada sistem yang telah memakai pentium. Jenis ini bisa menyimpan serta mengambil isi memori secara bersaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya menjadi agak lebih cepat.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut,  
jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya
Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya Pengertian Ram ( Random Access Memory), Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenisnya Reviewed by Nur putrazaini on 07.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.