recent posts

banner image

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen, Contoh, dan Macam-Macamnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen dan Contohnya ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen dan Contohnya, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen dan Contohnya

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen, Contohnya dan Macam-Macamnya


Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen, Contohnya dan Macam-Macamnya

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Tenaga Endogen itu adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi, dan sedangkan Tenaga Eksogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari luar bumi.

Macam-macam tenaga Endogen

Tenaga endogen tersebut bersumber dari magma yang bersifat membangun (konstruktif). Dan Tenaga ini meliputi tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

1. Vulkanisme
Vulkanisme itu merupakan semua gejala alam yang terjadi karena diakibatkan adanya aktivitas magma yang terkandung di dalam perut bumi. Magma yang ke luar ke permukaan bumi itu dikatakan dengan lava. Aliran material vulkanik dikatakan lahar.

2. Tektonisme
Tektonisme yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi yang berupa tekanan dengan arah vertikal maupun horizontal yang mengakibatkan terjadinya dislokasi (perubahan letak). Dan berdasarkan jenis gerakan dan luas wilayah yang dipengaruhinya, tenaga tektonik sendiri terbagi menjadi 2 (dua), ialah gerak orogenesa dan gerak epirogenesa.

3. Gempa bumi
Pernahkah kalian merasakan terjadinya gempa bumi? Jika pernah, perasaan apa yang kamu alami? Benar, bumi yang terasa bergoyang diguncang kekuatan yang berasal dari dalam bumi. Dan gempa bisa terjadi kapan pun, ketika kamu tertidur atau tengah duduk-duduk santai.

Macam-macam tenaga eksogen

1. Pelapukan
Pelapukan adalah proses hancurnya batuan pada lapisan litosfer dalam jangka waktu yang lama.

2. Erosi
Erosi tersebut juga peristiwa pengikisan tanah oleh air, angin, atau es. Penyebab alami dari erosi yaitu adalah karakteristik dan intensitas curah hujan, kemiringan lereng, vegetasi (tanaman penutup), serta kemampuan tanah untuk menyerap serta melepas air (absorpsi).

3. Masswasting
Bentuk bencana alam lain yang kerap menimpa penduduk, yakni tanah longsor (masswasting). Longsor adalah peristiwa geologi di mana terjadi pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Dan penyebab utama dari masswasting yaitu gravitasi yang memengaruhi lereng yang curam.

4. Sedimentasi (pengendapan)
Sedimentasi tersebut juga merupakan proses terendapkannya material-material yang terbawa (terkikis) secara perlahan ketika terjadinya erosi. Material ini terendapkan melalui suatu media perantara atau zat pengangkut, dan diantaranya oleh tenaga alam berupa gletser, angin, air, atau gelombang laut. Bentukan akibat hasil erosi di antaranya delta dan gumuk pasir.

Tenaga eksogen adalah tenaga yang bersifat merusak kulit bumi. Adapun Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tenaga eksogen ini meliputi air, angin, makhluk hidup, sinar matahari, dan gletser.

Kedua tenaga ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam bentuknya baik di daratan ataupun dasar laut.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya
Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen, Contoh, dan Macam-Macamnya Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen, Contoh, dan Macam-Macamnya Reviewed by Nur putrazaini on 06.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.