recent posts

banner image

Pengertian Singkatan dan Akronim dan Contohnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Singkatan dan Akronim ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Singkatan dan Akronim, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentzang Pengertian Singkatan dan Akronim Beserta Contohnya.

Pengertian Singkatan dan Akronim dan Contohnya


Pengertian Singkatan dan Akronim danContohnya

Singkatan

Singkatan merupakan bentuk yang dipendekkan dan terdiri atas satu huruf atau lebih dari huruf awal (inisial) sebuah kata.

1. Singkatan nama orang, nama gelar, dan jabatan atau pangkat diikuti dengan tanda titik.
Contoh :
Suman Hs. Suman Hasibuan
M.Sc. master of science
Kol. kolonel

2. Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti dengan tanda titik.
Contoh :
DPR (Dewan Perwakilan Rakyat)
Singkatan umum yang terdiri atas tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik.
Contoh : dll. (dan lain-lain)

3. Lambang kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan, dan mata uang tidak diikuti tanda titik.
Contoh :
Cu (kuprum)
kg (kilogram)
Rp (rupiah)

Akronim

Akronim merupakan singkatan yang berupa gabungan huruf awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata.

1. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
Contoh :
LAN (Lembaga Administrasi Negara)

2. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal huruf kapital.
Contoh :
Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)

3. Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, maupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Singkatan dan Akronim Beserta Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya


Pengertian Singkatan dan Akronim dan Contohnya Pengertian Singkatan dan Akronim dan Contohnya Reviewed by Nur putrazaini on 05.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.