recent posts

banner image

Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Kalimat Aktif Transitif ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Kalimat Aktif Transitif, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya.

Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya 


Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu tindakan langsung, nah pada kalimat transitif subjek melakukan tindakan tersebut terhadap objeknya, dengan kata lain, kalimat aktif transitif ini yaitu kalimat aktif yang memerlukan objek.

Hal ini berbeda dengan kalimat aktif intransitif, walaupun baik kalimat aktif transitif dan intransitif keduanya mempunyai subjek yang melakukan tindakan, namun subjek kalimat aktif intransitif tidak membutuhkan sebuah objek. Hal ini dikarenakan biasanya kalimat aktif intransitif melakukan tindakan yang berpengaruh kepada dirinya sendiri. Sedangkan pada kalimat aktif transitif, subjek melakukan suatu tindakan atau interaksi terhadap hal, benda, atau orang lain.

Misalnya Kalimat berikut ini:

a. Andi menangis dengan sangat keras.
b. Andi menangisi Shinta karena kepergiannya yang tiba-tiba.

Kedua kalimat di atas sama-sama mempunyai kata kerja menangis, namun pada kalimat pertama tidak ditemukan subjek sehingga dinamakan dengan kalimat aktif intransitif.

Sedangkan pada kalimat kedua kita bisa menemukan objek didalamnya, sehingga kalimat nomor dua ialah kalimat aktif transitif.
Andi >> S
Menangis >> P
Shinta >> O
Dengan sangat keras >> Ket

Dikarenakan membutuhkan objek didalam kalimatnya, kalimat aktif transitif dapat dirubah ke dalam bentuk kalimat pasif yaitu suatu kalimat yang subjeknya dikenal tindakan oleh objek, sedangkan kalimat aktif intransitif tidak dapat dirubah ke dalam bentuk pasif.

Misalnya kalimat berikut ini:

Ibu menyiram tanaman yang ada di kebunnya setiap hari “aktif transitif”
S        P                  O              Pel                    K
Tanaman yang ada di kebun disiram oleh ibu setiap hari.

Objek tanaman pada kalimat diatas berubah posisinya menjadi subjek dan subjek ibu, berubah menjadi objek. Selain itu, imbuhan pada kata kerja meny- berubah menjadi di- yang menandakan kalimat tersebut adalah kalimat pasif.

Ciri-Ciri Kalimat Aktif Transitif

a. Kalimat aktif transitif mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut ini:
b. Kalimat aktif transitif membutuhkan objek.
c. Kata kerja pada kalimat aktif transitif mempunyai imbuhan me- atau menge-.
d. Kalimat aktif transitif bisa diubah bentuknya ke dalam bentuk kalimat pasif.

Contoh Kalimat Aktif Transitif

Setelah membaca pengertian dan ciri-ciri kalimat aktif transitif, kali ini adalah contoh kalimat aktif transitif, dengan begini bisa membuat kalian lebih bisa untuk memahami apa itu kalimat aktif transitif.
a. Desi mengambil buku bahasa Indonesia di dalam tas merahnya.
b. Ibu mengajak Adik pergi ke pasar untuk membeli sayuran.
c. Danang memaafkan perbuatan Doni yang tidak sengaja Doni lakukan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut  jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus blog saya, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya Pengertian Kalimat Aktif Transitif, Ciri, dan Contohnya Reviewed by Nur putrazaini on 06.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.