recent posts

banner image

Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya TERBARU

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Layanan ISP ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Layanan ISP, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya.

Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya


Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya TERBARU

A. Pengertian ISP

Pengertian ISP atau Internet Service Provider adalah sebuah wadah, organisasi, penyelenggara atau perusahaan yang menawarkan jasa layanan internet kepada seluruh masyarakat. Awalnya ISP sangat identik dengan jaringan telpon, dikarenakan dulunya ISP menjual koneksi internet melalui jaringan telepon. Beda dengan sekarang teknologi ISP berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon saja, tetapi telah memakai teknologi seperti wireless dan fiber optic.

Saat ini, keberadaan ISP sangat dibutuhkan. Dan kehandalan dari sistem tersebut juga sangat berpengaruh karena pada kecepatan koneksi yang dimiliki. ISP memiliki jaringan baik secara domestik ataupun secara internasional agar pengguna dari sambungan yang telah disediakan oleh ISP ini bisa terhubung dengan baik ke dalam jaringan Internet global atau jalur internet yang lebih luas.

B. Fungsi dari ISP

1. Sebagai layanan yang Menyediakan jaringan internet bagi para pemakainya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
2. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
3.  Sebagai Penghubung antara komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
4.  Sebagai penyedia perangkat modem untuk sambungan dial-up.
5.  Menghubungkan pemakai ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
6.  Memungkinkan pemakainya untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
7.  Memungkinkan pemakainya untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
8. Serta bisa melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.
Contoh, Penyelenggara Internet Service Provider, yaitu diantaranya : Telkomnet, 3GNet, Speedy, Asia Pasific Internet Company, Astinet, Nusanet, Hypernet dan lain-lain.

C. Jenis Layanan ISP

1. Dial-Up Connection.
Koneksinya melalui modem ataupun kabel telepon yang umumnya dipergunakan untuk akses internet di rumah. Dial-Up ialah koneksi yang hanya bersifat sementara. Dan penggunaan akses dial-up ini, contoh seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

2. Dedicated Connection.
Adalah jenis koneksi yang menetap 24 jam yang biasanya banyak dipergunakan di perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak membutuhkan kebutuhan koneksi internet serta digunakan oleh banyak komputer, seperti Warnet.

3. Hotspot.
Adalah jenis layanan internet tanpa kabel seperti dial-up. Dan Hotspot biasanya dipergunakan di tempat-tempat tertentu seperti cafe, kantin, bandara, kampus, sekolah, tempat-tempat nongkrong, dan tempat-tempat lainnya.

4. Wireless.
Adalah jenis layanan internet tanpa perantara (kabel). Layanan ini tidaklah dipungut biaya telepon, Namun dikenakan tarif atau biaya pemakaian internetnya saja.

5. Mobile Access.
Adalah sebuah layanan untuk mengakses internet yang bisa dilakukan dengan mudah kapan dan dimana saja melalui Handphone atau telepon seluler. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik itu GSM maupun CDMA.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai PengertianLayanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

 Artikel lainya



Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya TERBARU Pengertian Layanan ISP, Fungsi, Dan Jenisnya TERBARU Reviewed by Nur putrazaini on 05.22 Rating: 5

1 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel nya yang sangat membatu dan membuat saya menjadi paham. Cek juga ya internet cepat di bali nya yaa..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.