recent posts

banner image

Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Novel ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Novel, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya.

Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya 


Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya

A. Pengertian Novel

Novel adalah bentuk dari karya sastra berbentuk prosa yang mempunyai 2 unsur, yaitu unsur instrinsik dan ekstrinsik. Definisi dari novel merupakan suatu bentuk dari karya sastra yang merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan / kata-kata dan memiliki unsur instrinsik dan juga unsur ekstrinsik. 
Novel terkadang menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Di dalam novel biasanya pengarang berusaha semaksimal mungkin mengarahkan pembaca kepada berbagai macam gambaran kehidupan nyata melalui cerita yang terkandung di dalam novel itu sendiri.

B. Adapun unsur-unsur dari novel sebagai berikut:

1. Unsur Intrinsik Novel

Ialah unsur pembangun karya sastra dari dalam, diantaranya sebagai berikut:
a. Tema
Tema ialah pokok dari permasalahan yang ada di dalan cerira novel yang dibuat.

b. Penokohan
Penokohan ialah pemberian watak atau karakter pada setiap pelaku dalam sebuah cerita. Para pelaku/toko yang bisa diketahui karakternya dari ciri fisik, bertindak, dan lingkungan tempat tinggal.

c. Alur
Alur ialah rangkaian peristiwa yang membentuk suatu jalannya cerita novel. Alur di bedakan menjadi 2 bagian, antara lain: Alur maju (progresif) yaitu apabila peristiwa tersebut bergerak secara bertahap berdasarkan urutan kronologis menuju alur cerita. Sedangkan alur mundur atau flash back progresif terjadi karena ada kaitannya dengan suatu peristiwa yang sedang terjadi.

d. Gaya Bahasa
1. Gaya bahasa ialah alat utama seorang pengarang untuk menggambarkan, melukiskan dan menghidupkan cerita secara estetika. Jenis dalam gaya bahasa, diantaranya sebagai berikut
2. Personifikasi: suatu gaya bahasa yang mendeskripsikan macam-macam benda mati dengan cara memberikan berbagai macam sifat-sifat seperti manusia.
3. Perumpamaan (simile): suatu gaya bahasa yang mendiskripsikan sesuatu dengan pengibaratan.
4. Hiperbola: Hiperbola merupakan gaya bahasa yang mendeskripsikan sesuatu dengan cara yang berlebihan dengan maksud memberikan suatu efek yang berlebihan.

e. Latar/Setting
Latar atau setting ialah gambaran yang terjadi pada peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita meliputi waktu, tempat, sosial budaya, sampai keadaan lingkungan.

f. Sudut Pandang
Sudut pandang dapat disimpulkan, atau yang terdapat dalam cerita yang ada pada novel itu sendiri.

g. Amanat
Amanat ialah pesan yang disampaikan yang dituangkan didalam cerita novel itu sendiri.

2. Unsur Ekstrinsik Novel

Adalah suatu unsur yang membangun karya sastra yang berasal dari luar. Diantaranya yaitu kapankah karya sastra itu dibuat, latar belakang kehidupan si pengarang, latar belakang sosial pengarang tersebut, latar belakang penciptaan, biografi pengarang, sejarah dan lain-lain dari novel itu sendiri.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya



Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Pengertian Novel dan Unsur-Unsurnya Reviewed by Nur putrazaini on 06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.