recent posts

banner image

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Seni Rupa Murni ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Seni Rupa Murni, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni


Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni

Seni adalah sebuah hasil imajinasi atau pengungkapa ekspresi seseorang dan mempunyai nilai esteika. Seni rupa merupakan salah satu cabang dai seni yang dapat di lihat oleh mata dan bisa di rasakan dengan sentuhan. 

Karya seni rupa bisa di ciptakan dengan mengolah dan memadukan konsep yang bisa berupa titik, garis, bidang, volume, bentuk, warna, tekstur dan efek dari cahaya yang memakai acuan estetika.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah cabang dai seni rupa yang pembuatannya tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya namun lebih mengutamakan nilai estetika atau keindahan. Karya seni inilebih bebas dan umumnya memilki nilai estetika yang sangat tinggi. Seni rupa murni hanya di pakai sebagai hiasan atau pajangan.

Contoh Seni Rupa Murni

a, Relief
Relief merupakan salah satu lukisan atau gambar yang di tampilkan dalam bentuk tiga dimensi aau trimata, berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata. Dalam relief biasanya terdapat tugu – tugu peringatan dan terdapat pada bangunan candi. Biasanya relief juga berisi tentang bioroma dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

b. Patung
Pada umumnya patung biasanya menjadi ekspresi jiwa manusia. umumnya patung di buat dengan bentuk visual yang membentuk media tiga dimensi. Tujuan di ciptakanya patung merupakan suatu keindahan sebagai tujuan utamanya. Patung pada umumnya berbentuk wujud dari manusia, hewan dan lain sebagainya.

c. Lukisan
Lukisan bisa diartikan sebagai seni yang sengaja di buat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas atau dengan eralatan yang lainnya, lalu di lukiska di atas media seperti kanvas dan sebagainya.

d. Gantungan
Gantugan bisa di katakan seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai penghias saja. Seperti gantungan kunci yang sering kita pakai yang terbuat dari kain, flanel, bambu dan lain sebagainya.

e. Kerajinan dari keramik
Sejak zaman dahulu keramik menjadi salah satu kerajinan yang bernilai seni, seperti guci, vas dan lain sebagainya. Kerajinan dari keramik biasanya hanya di dipakai sebagai hiasan.

f. Seni Kaligrafi
Kaligrafi adalah salah satu karya seni yang sangat sering kita temui, seperti di rumah dimasji, dimushola dan lain sbagainya yang tempatnya itu adala tempat untuk beribadah umat islam, dengan keindahan dalam setiap goresannya. Pada masyarakat Cina juga terkenal dengan kaligrafinya.

g. Ukiran
Ukiran merupakan seni memahat kayu atau batu untuk menjadikan suatu rupa atau bentuk yang kita inginkan dengan keindahan tertentu. Biasanya ukiran banyak mempunyai bentuk makhluk hidup seperti tumbuhan atau bunga – bunga. Ukiran biasanya menjadi hiasan suatu ruangan dalam rumah atau perkantoran, dalam gedung – gedung.

h. Fotografi
Seni ini adalah salah satu ekspresi dari sang pengambil foto.

i. Topeng
Topeng sudah de kenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia yang terbentuk dari kayu, plastik, logam atau kain. Topeng bisa dipakai di mana saja tetapi biasanya di pakai saat pertunjukan tari dan sebagainya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya


Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni Reviewed by Nur putrazaini on 06.12 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.