recent posts

banner image

pengertian cerpen serta unsur-unsurnya

Cerpen 
                cerpen adalah prosa yang bercerita tentang seseorang atau beberapa orang dalam satu situasi dan satu saat tertentu. cerpen juga sering disebut cerita rekaan yang relatif pendek karna dapat selesai satu kali bacaan.
Image result for gambar cerpen
ada beberapa unsur cerpen antara lain:
a. tema
          tema adalah gagasan, ide atau pikiran dalam suatu karya sastra. tema adalah jiwa dari suatu cerita. dalam penyampainya ada tema yang disampaikan secara ekplisit dan implisit.
b. amanat
        amanat adalah pesan yang disampaikan oleh seorang pengarang yang melalui karyanya. amanat disampaikan secara tidak langsung.
c. tokoh
         tokoh sentral adalah tokoh yang banyak mengalami pristiwa dalam cerita. tokoh sentral dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
1. tokoh sentral protogis : tokoh yang memerankan sebagai seorang yang baik atau positif .
2. tokoh sentral antagonis : tokoh yang memerankan sebagai seorang yang jahat atau negatif.
d. penokohan
          penokohan adalah penyajian watak tokoh dan penciptaan cerita tokoh. ada dua metode penyajian watak antara lain:
1. metode analitis/langsung/diskusif.
2. metode dramatis/tak langsung/ragaan.
cara penyajian watak tokoh yaitu:
a. melalui apa yang diperbuatnya.
b. melalui ucapan-ucapanya.
c. melalui fisik tokoh.
d. melalui pikiran-pikiran tokoh.
e. melalui penjelasan (penerangan) langsung.
e. alur (plot)
           alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk secara dari mulai pritiwa sehingga menjalani suatu ceria. alur dibedakan menjadi dua yaitu:
a. alur konvensinal adalah ( berjalan secara berurutan dari mulai awal sampai akhir )
b. alur non konvensional ( kembali ke masa lalu )
f. latar (setting )
latar adalah segala penjelasan, arahan, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, keadaan, dan tempat. ada tiga unsur pokok dalam latar, yaitu: latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.
g. sudut pandang
          sudut padang ialah cara meemandang  dan memamerkan tokoh-tokoh cerita dengan memerankan dirinya. ada dua macam sudut pandang antara lain :
1. sudut pandang orang pertama. sudut pandang orang pertama dibedakan menjadi dua yaitu 'aku'           tokoh utama dan ' aku 'tokoh figuran.
2. sudut pandang orang ketiga. sudut pandang orang ketiga dibedakan menjadi dua yaitu (orang               ketiga serbatau) atau (orang ketiga terbatas sebagai pengamat).
h. gaya bahasa
gaya bahasa adalah penggunaan bahasa oleh pengarang sehingga menghasilkan bahasa yang menarik (indah). bahasa adalah hal yang utama dalam sebuah karya sastra. gaya bahasa yang menciptakan suasana yang berbeda beda.

pengertian cerpen serta unsur-unsurnya pengertian cerpen serta unsur-unsurnya Reviewed by Nur putrazaini on 05.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.