recent posts

banner image

manfaat (SDA) dan cadangan sumber daya energi

Cadangan sumber daya alam dinegara indonesiaRelated image

   

           Sumber daya alam (SDA) tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karna itu bisa mensejahterakan penduduk indonesia. cara pemanfaatanya juga harus lebih condong kepada pembangunan, karna pembangunan itu dapat memenuhi kebutuhan kepada masa sekarang, tanpa mengurangi kemampuan generasiyang akan datang.
indonesia juga mempunyai  cadangan sumber daya energi non renewable.
a) Minyak bumi dan gas alam
               minyak bumi dan gas bumi adalh sumber daya energi yang sangat utama untuk keperluan industri, transportasi, dan rumah tangga. cadangan minyak bumi diindonesia terus menerus berkurang karna seiring dengan pengambilan atau ekplotasi yang terus dilakukan.cadangan minyak bumi diindonesia diperkirakan masih cukup besar.
ada beberapa pulau penghasil minyak bumi diantaranya
1) pulau sumatra, yaitu didaerah Aceh darusalam, Riau, Sumatra selatan.
2) pulau jawa, yaitu didaerah jawa barat, wonokromo, Delta (jawa timor), dan Cilacap.
3) pulau maluku, yaitu didaerah pulau seram.
4) pulau papua, yaitu didaerah kiamono, sorong, dan babo.

b) gas bumi
    Image result for gambar gas bumii.                    gas bumi adalah sumber daya alam dengan cadangan yang sangat besar setelah batu bara dan minyak bumuntuk mendapatkan gas alam yang terjebak dibetuan, itu dilakukan pengeboran. gas alm disimpan dalam tangki-tangki penyimpanan. gas alam cair disebut LPG (Liquid Patroleum
Gas) atau disebut juga LNJ (Liquid Natural Gas). proses pencairan gas alam dihasilkan pula sejenis minyak ringan untuk dijadikan bahan baku industri seperti plastik, pupuk, dan sebagainya.

c) Batubara

Related image                 
            pertambangan batubara yang pertama dilakukan dindonesia pada tahun1849 di pangaron (kalimantan timor), berikutnya di umbilin (sumatra barat)  pada tahun 1892, dan selanjutnya dibukit asam(sumatra selatan) pada tahun 1919. bukit asam adalah penghasil batu bara tertua yang berkualitas sangat tinggi.

sumber daya energy merupakan kebutuhan pokok dan merupakan komponen mutlak ketika kita ingin membangun sebuah peradaban dunia disaat ini. 

manfaat (SDA) dan cadangan sumber daya energi manfaat (SDA) dan cadangan sumber daya energi Reviewed by Nur putrazaini on 05.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.