recent posts

banner image

Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Seni Grafis ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Seni Grafis, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya.

Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya


Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Contohnya

Seni grafis adalah salah satu cabang seni rupa yang memanfaatkan teknologi komputer dan teknik cetak. Media pencetak yang di pakai umumnya memakai kain atau kertas. Seni grafis biasanya bisa di temukan di koran, papan reklame, majalah dan pakaian.

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis adalah karya seni yang dihasilkan melalui proses printinga atau pencetakan yang biasanya memakai kertas untuk media pencetakannya. Dalam bahasa Inggris di katakan Printmaking, hasilnya berupa karya seni yang dapat diperbanyak dengan mudah.

Macam – Macam Seni Grafis

– Relief
Cetak relief adalah proses dimana lapisan timbul pada lempengan cetakan atau balok kayu yang di beri tinta sedangkan area yang timbul atau tersembunyi bebas tinta, sehingga pada saat ditempelkan bisa membentuk sebuah cetakan yang diinginkan. Contohnya pada pembuatan stempel.

– Intaglio
Cetak jenis ini adalah teknik cetak timbul dengan menggoreskan atau menorehkan plat aluminium sehingga membentuk suatu gambar yang diinginkan, lalu arue yang tergores diisikan tinda dan ditempelkan pada kertas basah. Hasilnya merupakan cetakan timbul. Cetak ini adalah kebalikan dari cetak relief, contohnya pada pembuatan uang kertas.

– Cetak Plano
Planographic printing atau cetak plano adalah teknik mencetak pada lapisan datar. Taknik ini memanfaatkan perbedaan pada sifatair dan minyak yang tidak saling menyatu. Teknik ini menjadi inspirasi pada mesin cetak ofset yang memakai acuan plat. Contohnya pada mesin fotocopy dan scanner.

– Cetak Stensil
Teknik mencetak dengan memakai kertas dengan cara menggunting kertas sesuai dengan bentuk atau tulisan yang diinginkan, lalu kertas tersebut ditempelkan dengan papa atau kain yang akan diberi cat dan kertas tersebut di semprot atau di cat. Lalu kertas tersebut dicabut dan hasilnya akan seperti yang telah digunting. Contohnya pada spanduk dan papan peringatan.

– Kolagrafi
Teknik mencetak dengan menempelan benda atau objek pada kanvas dan kesemuanya di beri cat lalu objek tersebut di lepas dan hasilnya bagian yang tidak terkena cat akan berbentuk seperti objek dan tampak cekung. Teknik ini tidak berhubungan dengan teknik kolase meskipun teknik ini terkesan emiliki kata dasar kolase.

– Cetak Saring
Ini adalah pengembangan dari cetak stensil yang memiliki kekurangan terutama saat mencetak huruf yang memiliki kurva tertutup seperti huruf d, o, e dan a. Teknik ini biasa dikatakan dengan sablon. Pencetakan dilakukan dengan saringan yang diberi batasan sesuai dengan huruf atau bentuk yang ingin dicetak. Contohnya pada kaos, spanduk dan pembungkus makanan olahan.

– Fotografi
Fotografi adalah seni yang memiliki pencitraan pada sebuah objek. Unsur seni yang biasa ditonjolkan adalah komposisi foto, makin baik komposisinya maka akan semakin bagus hasil foto tersebut. Apalagi jika terkandung pesan yang tersirat pada foto tersebut. Peralatan utamanya yaitu kamera.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya
Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya Pengertian Seni Grafis, Contoh, dan Macam-Macamnyanya Reviewed by Nur putrazaini on 06.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.