recent posts

banner image

Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara dan selengkapnya.

Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara       


Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara

Seni muncul bersamaan dengan adanya kehidupan manusia dibumi sehingga seni sebagai aktivitas manusia dalam berolah rasa telah melewati kurun waktu yang sangat panjang. . perutmbuhan seni terutama di dasari oleh pandangan manusia yang dinamis dalam konsep, proses, serta keahlian berkarya seni.

Dasar-dasar itulah yang menjadikan karya seni, khususnya karya seni rupa di Nusantara memunculkan berbagai macam ragam hasilnya, baik menyangkut jenis, bentuk, maupun teknik penciptaannya. itulah dasar-dasar  yang menjadikan karya seni, khususnya karya seni rupa di Nusantara memunculkan berbagai macam ragam hasilnya, baik menyangkut jenis, bentuk, maupun teknik penciptaannya.

Secara teoritis, berdasarkan fungsi aplikasinya seni rupa Nusantara dapat dibagi menjadi dua kelompok seni yaitu seni rupa murni estetis (Fine Art) dan seni rupa yang dimanfaatkan  untuk macam-macam kepentingan praktis (Applied Art / use art).

A. Karya Seni Rupa Murni 

Seni rupa murni, yaitu sebuah ekspresi, penjabaran, atau ungkapan ide sekaligus perasaan, keinginan yang di ungkapkan melali unsur-unsur rupa, Seperti titik, garis, warna, tekstur, yang hasil karyanya semata-mata hanya memberikan kepuasan batiniah atau rohaniah.

Tujuan pokok penciptaan seni murni adalah untuk kepentingan estetis  atau tujuan ekspresi dan apresiasi tanpa dikaitkan dengan kebutuhan praktis. Maka dari itu, seni rupa murni diolah hanya sebagai untuk ekspresi sebagai kepentingan estetis dan bukan untuk hal-hal lain yang bersangkutan dengan lukis, seni patung, seni grafis, dan seni kriya.

1. Seni Lukis
Seni lukis merupakan Karya seni rupa memiliki ukuran dua dimensi. umumnya seni lukis memakai media cat air, akrilik, cat poster, cat minyak, pastel, krayon, orang, dan lain-lain yang dijabarkan melelui  diatas kertas, kain kanvas, kulit, papan, tripleks, tembok bangunan dan lain-lain. dengan berbagai ragam, seperti teknik kuas, semprot, atau teknik lainnya.

2. Seni Patung
Seni patung adalah  karya seni rupa yang memiliki ukuran tiga dimensi, Media yang dipakai sangat bermacam-macam, antara lain, kayu, batu, marmer, tembaga, semen, gips, dan pasir. cara menciptakanya juga bermacam-macam cara, antara lain, dengan teknik tangan, cor atau cetak, pahat, dan las.

3. Seni Grafis
Seni grafis ialah Karya seni rupa dua dimensi yang cara pembuatannya dengan cara cetak. ada beberapa teknik cetak yang biasanya digunakan untuk menciptakanya karya seni grafis di antaranya cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, dan cetak saring (sablon).

4. Seni Kriya
Seni kriya merupakan gabungan antara karya seni rupa dua atau tiga dimensi  yang pembuatan nya mengutamakan kereatifitas tangan dengan tingkat ketelitian dan kerajinan yang tinggi. maka dari itu seni kriya disebut juga seni kerajinan (Crafts). ada beragam karya seni kriya, antara lain, Kriya kayu kriya kulit(Tatah Sungging) kriya logam, batik dan anyaman.

B. Karya Seni Rupa Terapan (Applied Art)

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dipakai untuk keperluan hidup sehari-hari dan bentuk karyanya tetap mempunyai nilai-nilai estetik. Pembuatan karya seni terapan selalu mempertimbangkan dua hal sekaligus, yaitu nilai keindahan dan nilai fungsional. dan karya seni itu bisa digunakan untuk kepentingan praktis. Bentuk karya seni itu pun perlu disesuaikan dengan fungsinya. sebagai contoh ketika membuat wadah untuk benda-benda yang keras,

1. Seni Dekorasi
Karya seni rupa yang berfungsi untuk menghias sebuah ruangan pada gedung pertemuan, ruang tamu, dan lain-lain disebut Seni dekorasi. Hiasan tersebut berfungsi sebagai hiasan agar ruangan tampak indah atau lebih menarik.

2. Seni Bangunan atau Arsitektur
Bentuk Bangunan rumah di indonesia sangat beragam dan hampir setiap daerah mempunyai bentuk bangunan rumah yang bentuk dan dekorasinya beragam.

3. Seni Ilustrasi
Ilustrasi  yaitu gambar atau foto yang dipakai untuk menjelaskan suatu naskah, teks, atau tulisan. sebagai contoh, gambar pada buku bacaan untuk siswa anak SD. fungsi gambar terbut sebagai penjelas atau penjabaran dari bacaan. ilustrasi bisa ditemukan dimana-dimana seperti pada buku pelajaran,cerpen, dan majalah.

4. Seni Grafis Terpan (Desain Komunikasi Visual)
Seni grafis terapan atau yang sering disebut desain komunikasi visual (Deskomvis) adalah karya seni rupa yang berfungsi sebagai media komunikasi. sebagai media komunikasi, maka didalam seni grafis terapan ada pengirim berita atau  pesan, ada isi titipan atau berita, dan ada penerima berita. ketiga komponen tersebut seling berkaitan. media yang dipakai untuk, mengirim berita tersebut beragam cara, seperti majalah, poster, koran, spanduk, dan brosur.

5. Seni Kriya Terapan
Karya seni kriya terapan merupakan karya seni kerajinan yang berfungsi untuk kepentingan praktis. sebagai contoh, cangkir alas untuk minuet, kain batik, kursi sebagai alat duduk, dan lain-lain. Teknik menciptakannya karya seni kerajinan beragam sara anatara lain, dianyaman, diukir, dicor, dan batik.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara Pengertian Karya Seni Rupa Nusantara       Reviewed by Nur putrazaini on 21.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.