recent posts

banner image

pengertian planet, bagian, dan jenis-jenisnya

bagian bagian planet dari tata surya

Image result for gambar planet
         


















         planet merupakan benda langit yang berukuran besar, bersuhu dingin, dan mengorbit matahari. pada saat ini planet diklompokan menjadi delapan yaitu
1) merkurius.
2) venus.
3) bumi.
4) mars.
5) yupiter.
6) saturnus.
7) uranus.
8) neptunus.
       
         revolusi adalah  putaran plaent mengelilingi matahari. rotasi merupakan putaran planet pada porosnya. para ahli astronomi telah  mengklompokan delapan planet.
a) berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit bumi. planet dibedakan menjadi, 2 yaitu planet interior     dan planet superior. planet yang terletak didalam orbit bumi yaitu planet interior yaitu ada                   merkurius dan venus. dan planet yang terletak di luar orbit bumi yaitu planet superior yaitu ada           mars, yupiter, saturnus,uranus, dan neptunus.
b) berdasarkan ukuran dan komposisi dan penyusunannya, planet dibagi menjadi 2 yaitu planet               terrestrial dan planet jovian. planet terrestrial yaitu bimi, merkurius, venus dan mars. dan 4 planet       lainya tergolong dalam planet jobian yaitu ada yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.  
c) berdasarkan orbit astroit, planet dapat dibedakan menjadi 2, yaitu ada planet dalam dan planet luar.     planet merkurius, venus, bimi, dan mars itu termasuk planet dalam dan lainya adalah planet luar         yaitu ada yupiter, saturnus, neptunus, dan uranus.
   
  jenis-jenis dan letak tata surya
a) merkurius.
               planet merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. planet merkurius juga dapat mengelilingi matahari dalam jangka waktu 88 hari dan berotasi dalam waktu 59 hari. kandungan inti planet merkurius adalah besi,nikel, dan mineral silikat. merkurius juga tidak mempunyai satelit yang mengiringinya.
b) venus.
              venus mengelilingi mata hari dalam jngka waktu 225 hari, sedangkan rotasinya berlangsung selama 243hari.  rotasi venis mempunyai priode yang cukup lama dibandingkan planet lainya. venus mempunyai sebutan bintang fajar atau bintang senja. planet ini juga tertupi oleh awan karbon dioksida yang sangat tebal, sehingga 4800C sehingga menjadikan planet terpanas ditata surya kita. venus juga tidak mempunyai satelit yang mengiringinya.
c) bumi.
              bumi adalah tempat habitat kita hidup. bumi ditutupioleh air sehingga bumi dilihat dari atas sana terlihat biru kebiruan.jarak bumi dari matahari 150 juta km. jarak bumi-mata hari dikenal dengan satuan astronomi. kala revolusi bumi 365 hari dan kala rotasinya 24 jam.
d) mars.
              jarak mars kemata hari sekitar kurang lebih 228 juta km. revolusinya 687 hari dan rotasinya 24,6 jam. mars bercahaya  kemerahan sehingga juga sering disebut planet merah.
e) yupiter.
              yupiter adalah planet terbesar dari planet lainya di tata surya. planet ini memiliki cincin di sekelilingnya . jarak yupiter ke matahari sekitar 778 juta km. dan mempunyai kala revolusinya 12 tahunsedangkan kala rotasinya cukup 10 jam. yupiter tersusun dari hidrogen dan belium dalam fase cair dan gas. yupiter juga mempunyai satelit yang cukup banyak. ganymade adalah satelit terbesar.
f) saturnus.
              adalah planet terbesar kedua dari yupiter.saturnus mngelilingi matahari dalam waktu 29,5 tahun dan mempunyai rotasi selama 10,6 jam. planet ini berupa bola gas raksasa  yang terdiri atas hidrogen dan helium.saturnus memiliki satelit terbesarnya adalah titian dangan diameter 5.000km.
g) uranus.
               berevolusi selama 84 tahun dan berotasi selama 11jam. uranus berputar mengglinding mengelilingi mata hari, satelit uranus hanya tampak seperti bulatan birusehingga sulit dipelajari.
h) neptunus.
               planet kedelapan dari matahari. yang mempunyai kala revolusi 165tahun dan berotasi hanya 16jam. neptunus jugamempunyai 8 satelit.
satelit adalah benda langit yang mengintari planet.

pengertian planet, bagian, dan jenis-jenisnya pengertian planet, bagian, dan jenis-jenisnya Reviewed by Nur putrazaini on 05.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.