recent posts

banner image

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Molekul Senyawa ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Molekul Senyawa, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa.

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa


Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Pengertian Molekul

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia & fisika yang unik. Suatu molekul itu terdiri dari 2 (dua) atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Dan sebagai contohnya, adalah : molekul air adalah kombinasi dari 2 (dua) atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Berdasarkan jenis atom yang menyusun molekul, molekul tersebut terbagi menjadi 2 (dua) jenis, ialah molekul unsur dan molekul senyawa.

Pengertian Molekul senyawa

Molekul senyawa adalah partikel terkecil dari suatu senyawa yang masih mempunyai sifat yang sama dengan senyawa itu. Molekul senyawa dapat dibentuk dari penggabungan atom unsur-unsur yang sama (molekul unsur) maupun atom unsur-unsur yang berbeda (molekul senyawa).

Dan contoh dari molekul senyawa, ialah air yang memilki rumus kimia H2O. Air tersebut tersusun atas dua atom H dan satu atom O.

Penulisan Rumus Kimia Senyawa

Setiap senyawa tentunya mempunyai rumus kimia, adalah rumus yang menyatakan banyaknya atom dari unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa.

Rumus kimia senyawa bisa diketahui, dari;
a. Jenis unsur yang membentuk senyawa itu
b. Banyaknya atom tiap unsur yang menyusun senyawa itu sendiri.

Angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur pada tiap molekul senyawa dikatakan angka indeks. Angka tersebut ditulis di belakang lambang unsur agak ke bawah (subcript).

Angka koefisien merupakan banyaknya atom suatu unsur atau molekul senyawa yang ditulis di depan rumus kimia senyawa atau lambang atom unsur itu sendiri.

Angka koefisien yang dipakai untuk menyetarakan jumlah atom suatu unsur yang terlibat dalam reaksi kimia. Nilai satu untuk angka indeks & angka koefisien tidak ditulis.

Rumus Molekul Senyawa

Secara biasa, Rumus Molekul Senyawa ditulis sebagai berikut :
A, B, dan C = lambang unsur penyusun senyawa
x, y, dan z = angka indeks
n = koefisien
Berikut ini beberapa Nama senyawa berikut Rumus Kimianya :

Pengrtian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa Reviewed by Nur putrazaini on 05.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.