recent posts

banner image

Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya LENGKAP

Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum ? Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut, tentang Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum kalian bisa membaca artikel berikut, karena saya akan membahas tentang Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum Beserta Contonya LENGKAP.

Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya


Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya LENGKAP

Pengertian kewarganegaraan

Asas kewarganegaraan adalah dasar dalam berpikir menentukan masuk tidaknya seseorang dalam golongan warga negara dari suatu negara. Secara umum asas dalam menentukan kewarganegaraan di bedakan menjadi 2 (dua), yaitu sebagai berikut:

1. Asas ius sanguinis atau asas keturunan, yaitu merupakan kewarganegaraan seseorang yang di tentukan berdasarkan dengan keturunan orang yang bersangkutan. Contohnya, Seseorang yang di lahirkan dinegara AA, sedangkan orang tuanya berkewarganegaraan negara BB, maka ia merupakan warga negara BB. maka berdasarkan asas ini, kewarganegaraan sang anak akan selalu mengikuti kewarganegaraan orang tuanya tanpa memperhatikan di mana anak tersebut di lahirkan.

2. Asas ius soli atau asas kedaerahan, yaitu merupakan kewarganegaraan seseorang yang ditentukan berdasarkan tempat dimana ia dilahirkan. Conthnya, seseorang yang dilahirkan di negara B, dan sedangkan orang tuanya berkewarganegaraan negara A, jadi ia ialah warganegara B. maka menurut asas tersebut kewarganegaraan seseorang tidak terpengaruh dari kewarganegaraan orang tuanya, karena yang menjadi patokan ialah tempat dimana sang anak dilahirkan.

Dengan adanya perbedaan dalam menentukan kewarganegaran dibeberapa negara, baik itu yang menerapkan asas ius soli ataupun ius sanguinis, dapat menimbulkan dua kemungkinan status dalam kewarganegaraan seorang penduduk yaitu, sebagai berikut:

Contoh Asas Kewarganegaraan

a. Apatride, yaitu seorang penduduk yang sama sekali tidak memiliki kewarganegaraan. Contohnya, seorang keturunan dari bangsa A yang menganut asas ius soli lahir di negara B yang menganut asas ius sanguinis. Maka dari itu orang tersebut tidaklah menjadi warga negara A maupun warga negara B. Maka dengan demikian orang tersebut tidak mempunyai kewarganegaraan.

b. Bipatride, yaitu seorang penduduk yang mempunyai dua macam kewarganegaraan sekaligus atau kewarganegaraan rangkap. Contohnya, seseorang keturunan bangsa B yang menganut asas ius sanguinis lahir di negara A yang menganut asas ius soli. Maka dari itu ia keturunan bangsa B, maka ia dianggap sebagai warga negara B. Namun, negara A juga mengganggap dia warga negaranya karena berdasarkan tempat lahirnya.

Mungkin hanya itu yang dapat yang saya sampaikan mengenai Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya LENGKAP, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Apabila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengirimkan komentar. Semoga dengan adanya articlle ini kata semua bisa mengetahui lebih lauas tentang Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum Beserta Contonya. Simak terus artikel dari kami, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian.

Artikel lainya
Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya LENGKAP Pengertian Asas Kewarganegaraan Secara Umum beserta Contonya LENGKAP Reviewed by Nur putrazaini on 20.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.